Rabu, 24 Oktober 2018

JAGA LIDAH DALAM HAL PERKATAAN SUPAYA MENJADI BERKAT



Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Yuk coba kita sama sama renungkan masa lalu kita yang telah kita lewati. Pernah tidak sih kita berpikir sebentar saja betapa pentingnya menjaga lidah kita dalam hal berkata kata ?

Dan itulah sering sekali membuat apa yang kita ucapkan bisa menyinggung perasaan seseorang,  mempermalukan atau bahkan bisa melukai hati orang tersebut. Nah hal ini nih hal ini yang sering juga menimbulkan sebuah perpecahan dalam persahabatan. dalam pergaulan, dalam organisasi,

Dalam pelayanan ditengah tengah masyarakat atau bahkan dalam kehidupan keluarga. Oleh sebab itu kita harus sungguh sungguh sadar nih betapa pentingnya kita harus menjaga lidah dalam hal berkata kata. Sebab perkataan

Yang keluar dari mulut kita seringkali bisa menjadi pemicu timbulnya sebuah masalah. Dan itulah kenapa firman Tuhan ingatkan kembali kepada kita. Apalagi kita sebagai anak anak Tuhan, jangan sampai hanya karena tidak bisa menjaga Lidah kita untuk berbicara malah menjadi Batu sandungan untuk orang lain yang ada disekeliling kita.

Saudaraku kita itu harus terus menyadari bahwa panggilan kita sebagai orang percaya itu untuk menjadi sempurna seperti yang Allah kehendaki. Dalam hidup ini suatu hal dari kehendak Bapa itulah yang dimana kita harus mengontrol setiap gerak gerik hidup kita. Termasuk dalam hal berkata kata.

Yakobus 3:2 berkata Sebab kita semua itu bersalah dalam banyak hal; dan barangsiapa tidak bersalah dalam hal perkataannya maka ia adalah orang yang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Apa ayang dikatakan Firman Tuhan ini sangat penting sekali untuk kita perhatikan dengan benar benar dan serius. Sebab seperti Firman Tuhan katakan bahwa " Barangsiapa tidak bersalah dalam hal perkataannya maka ia adalah orang sempurna "

Itulah sebabnya kenapa dalam Ayat Firman yang lain kalau kita baca di Matius 5 tentu dalam hal ini berkaitan dengan Ucapan lidah kita. Maka Tuhan Yesus sendiri pernah menyinggung akan hal ini, seperti yang ditulis dalam

Matius 5:22 Berkata Tetapi aku berkata kepadamu setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkannya ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan kedalam Neraka yang Menyala Nyala

Dalam hidup ini manusia bisa saja sukses untuk mencapai berbagai prestasi didalam banyak hal, tetapi seringsekali gagal dalam mengendalikan lidahnya dalam berkata kata, dan pada akhirnya perkataan itu sendiri bisa menjadi dosa, apa lagi ya perkataan yang diucapkan adalah fitnah, atau sebuah tuduhan seperti yang Firman Tuhan katakan di atas.

Tapi setiap orang yang dapat menguasai lidahnya dapat di pastikan orang tersebut bisa menguasai seluruh hidupnya. Jadi kalau kita bisa menjaga perkataan yang keluar dari lidah bibir mulut kita, maka kita bisa mengontrol diri dengan baik. Dan orang bisa menjaga lidahnya sama dengan orang yang mencintai hidupnya sendiri. Hal itu digambarkan oleh Firman didalam

1 Petrus 3:10 Berkata Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan ucapan yang menipu.

Jadi disini kita harus menyadari bahwa lidah yang kita miliki ini, memiliki peran yang sangat besar dalam seluruh gerak hidup kita, termasuk dalam ibadah kita kepada Tuhan. Sebab Firman Tuhan sendiri yang menunjukkan kepada kita kalau betapa sulitnya bisa menguasai lidah. Tapi bukan berarti Lidah sama sekali tidak dapat di kuasai ya.

Dan apa yang Firman Tuhan katakan di atas, cukup jelas bagi kita kalau tidak bisa menjaga lidah bibir mulut kita maka hidup kita akan rusak atau bahkan binasa. Tuhan memberikan kepada kita bukan saja kekuatan untuk melakukan Firman-Nya tapi juga hikmat kita didalam setiap perkataan yang kita ucapkan dan artinya dengan Hikmat Tuhan kita bisa menguasai lidah dalam setiap perkataan.

Jadi kalau kita tahu nih dan sadar sekali kalau hidup kita ini milik Tuhan maka lidah pun akan kita gunakan sesuai dengan kehendak Tuhan, supaya apa yang kita ucapkan bisa menjadi sebuah berkat bagi banyak orang dan semuanya itu memuliakan Tuhan.

Dan percuma dong kalau selama ini kita memuji Tuhan dengan mulut kita, tapi dari mulut yang sama kita juga mengutuki orang lain ? kalau kaya gini berarti ada yang tidak beres dalam hidup kita dan itu akan berbahaya bagi hidup kita bukan saja bagi hidup kita didunia ini tapi juga bagi kelangsungan hidup di kekalan nanti.

Ingat ya bahwa dibalik kehidupan ini nanti kita semua akan menghadap takhta pengadilan Allah, dan tidak ada seorang pun yang dapat menghindarinya. Itulah kenapa kita harus mulai belajar untuk bisa mengontrol seluruh gerak hidup kita, termasuk menjaga perkataan yang keluar dari lidah bibir mulut kita

Matius 12 :36 - 37

12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu setiap kata sia sia yang diucapkan orang harus di pertanggung jawabkannya pada hari penghakiman

12:37 karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu juga engkau akan dihukum

Hey dari ayat di atas ini apa kalian tidak takut ?? ayok kita sama sama berubah, sedikit demi sedikit buang omongan kita yang sia sia, yang tidak menjadi berkat untuk saudara kita yang lainnya.

Roma 10 : 10 Berkata Karena dengan hati orang yang Percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Kiranya kebenaran firman Tuhan ini bisa menyadarkan kita semua untuk mau menjaga setiap perkataan yang keluar dari lidah bibir mulut kita. Supaya hidup kita tidak lagi menjadi sia sia tetapi menjadi berkat dan dapat memuliakan Allah Bapa Disurga. Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua. Amien.

BACA JUGA : SIAPA YANG KALIAN ANDALKAN DALAM HIDUP INI ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSFORMASI SEORANG PENDOSA MENJADI HAMBAT TUHAN

Kisah Para Rasul 9:1-18 dengan judul perikop tentang pertobatan Saulus. Bila setiap kita membaca Firman Tuhan tentu sangat mengenal si...