Selasa, 23 Oktober 2018

KASIH DALAM TINDAKAN NYATA



Baca : 1 Yohanes 3 : 16-24

3:16 Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita: jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara saudara kita.

3:17 Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap didalam dirinya ?

3:18 Anak - Anakku, Marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.

3:19 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran. Demikian pula kita boleh menenangkan hati kita dihadapan Allah,

3:20 Sebab jika kita dituduh olehnya, Allah adalah lebih ebsar dari pada hati kita serta mengetahui segala sesuatunya.

3:21 Saudara - Saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai sebuah keberanian percaya untuk mendekati Allah.

3:22 dan apa saja yang kita minta, kita memperolehkannya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya

3:23 Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak - Nya dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan kristus kepada kita.

3:24 Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam didalam Allah dan Allah diam didalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada didalam kita, yaitu Roh yang telah dikaruniakan kepada kita.

Ada seorang pemuda mengirimkan surat kepada kekasihnya dan ia menulis

Sayangku, aku rela mendaki gunung tertinggi, mengarungi samudra terluas, menyebrangi gurun terpanas, demi bertemu denganmu " NB : Aku akan datang malam minggu kalau tidak hujan.

Rasul Yohanes berkata bahwa Yesus kristus menunjukkan arti kasih sejati ketika Dia " menyerahkan nyawa-Nya untuk kita " Yohanes lalu melanjutkan, " jadi kita pun menyerahkan nyawa kita untuk saudara saudara kita "

Dalam bahasa Yunani kalau arti yang telah di terjemahkan sebagai kasih dalam 1 Yohanes 3 : 16 adalah kasih " Agape " apa yang dimaksud dengan kasih Agape ? agape adalah kasih yang ditandai dengan pengorbanan. kasih yang didasarkan pada komitmen bukan emosi.

Bukan sekedar apa yang kita suka dan tidak suka. Agape adalah sebuah keputusan untuk mengasihi sekalipun ada harga yang harus dibayar, jadi ktia harus memiliki sebuah kasih Agape itu sendiri.

Menyerahkan nyawa kita untuk orang lain terlalu berarti menjemput ajal. sering sekali itu artinya berhenti dari segala kesibukan kita dan memperhatikan kebutuhan orang lain.

Jangan kehilangan kesempatan kesempatan kecil untuk mengasihi karena kalian akan terus menunggu kesempatan kesempatan yang besar. Dengan kasih Agape, tindakan yang sederhana pun menjadi kan sesuatu yang sangat berarti sekali - Y.A.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSFORMASI SEORANG PENDOSA MENJADI HAMBAT TUHAN

Kisah Para Rasul 9:1-18 dengan judul perikop tentang pertobatan Saulus. Bila setiap kita membaca Firman Tuhan tentu sangat mengenal si...